RSS

FAKTA AIR TAWAR


Fakta mengenai air di bumi:
  1. 75% permukaan bumi ditutupi oleh air.
  2. Dari 75% tersebut, 98%nya terdapat di laut,1% berada di danau, 1% berada dalam bentuk uap air, air tanah, sungai, dll.
  3. Sedikitnya air tawar yang tidak lebih dari 2% menjadi kebutuhan primer bagi mahkluk hidup yang ada di daratan.


Dari fakta diatas bisa kita bayangkan betapa sedikitnya air tawar yang tersedia dibumi ini. Hanya 2% dari total air yang ada di bumi. Air tawar yang hanya 2% sangat dibutuhkan oleh mahkluk hidup yang ada di daratan baik itu manusia, hewan, tumbuhan, dan organisme lainnya. Dengan jumlah air tawar yang hanya 2% ini akan menimbulkan persaingan antar organisme agar setiap individu mampu mempertahankan hidupnya.
Namun apa yang terjadi jika air tawar ini mengalami pencemaran, baik itu berupa pencemaran dari limbah rumah tangga, limbah industri, limbah pertanian, dan limbah pertambangan?
Tentunya air tawar yang tidak lebih dari 2% ini akan semakin berkurang dan akan semakin meningkatkan kompetisi atau persaingan untuk mempertahankan hidup sehingga banyak organisme yang mati.  Lahan pertanian, peternakan, perikanan darat, dan faktor-faktor penentu pangan lainnya tidak dapat berfungsi. Jika hal ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama, maka dunia akan mengalami krisis.  Tidak tertutup kemungkinan untuk hidup manusia, masa penjajahan dan  perang dunia bisa terjadi kembali karena kebutuhan air tawar.
Kita tahu betapa pentingnya air bagi kehidupan. Oleh karena itu, kita selaku khalifah dimuka bumi marilah bersama-sama menjaga dan manfaatkan air dengan sebijak dan seefektif mungkin. 




Sumber : Idris_ITK 46

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS