RSS

ORGANISASI SELAM DI INDONESIA POSSI / ISSA


Oleh: Muhammad Idris

POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia) atau ISSA (Indonesian Sub-aquatic Sport Association) merupakan organisasi selam yang resmi dan bersifat nasional di Indonesia. POSSI didirikan pada bulan Agustus 1977, sesaat setelah beberapa klub selam berdiri di beberapa wilayah Indonesia di era 1970-an. POSSI merupakan anggota dari KONI  (Komite Olahraga Nasional Indonesia) dan FOPINDO (Federasi Olahraga Perairan Indonesia) di tingkat nasional, serta berafiliasi dengan CMAS (Confederation Mondiale des Actvities Sub-aquatiques) atas World Under Water Federation (Federasi Selam Dunia) yang berpusat di Roma, Italia di tingkat Internasional.
PB POSSI (Pengurus Besar POSSI) merupakan organisasi kepengurusan yang bersifat nasional. PB POSSI membawahi beberapa Pengurus Daerah (Pengda) yang tersebar di beberapa Propinsi di Indonesia, dimana masing-masing Pengda membawahi beberapa klub selam di tingkat daerah. 


Untuk mengatur berbagai kegiatan selam di Indonesia, maka PB POSSI mengeluarkan beberapa peraturan antara lain :
1.      Buku Persyaratan dan Peraturan Dasar Selam Olahraga Selam Indonesia (PPDSI) yang merupakan pedoman dasar dalam penyelenggaraan aktifitas selam bagi seluruh peselam, instruktur dan klub selam yang merupakan anggota dari POSSI
2.      Anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang merupakan pedoman pedoman dasar dalam mengatur penyelenggaraan organisasi POSSI
PB POSSI juga mengeluarkan kartu sertifikat bagi penyelam yang telah memenuhi persyaratan dan telah menyelesaikan program kursus dan latihan sesuai dengan kualifikasi standar yang ditentukan dan berdasarkan jenjang selamnya.
Secara umum kartu sertifikasi selam disusun berdasarkan jenjangnya sebagai berikut:
1 STAR SCUBA DIVER
2 STAR SCUBA DIVER
3 STAR SCUBA DIVER
4 STAR SCUBA DIVER
1 STAR INSTRUCTOR
2 STAR INSTRUCTOR
3 STAR INSTRUCTOR
Sertifikat ini berlaku secara Nasional dan Internasional di lingkungan negara anggota CMAS

Lambang POSSI

Lambang CMAS

CMAS berdiri pada tahun 1959 di Perancis dan merupakan Organisasi Selam Dunia yang bersifat Non-Profit (Non Komersil) bagi penyelam amatir yang bergerak di bidang Olahraga Bawah Air, Teknik dan Penelitian(Science). Dimana lebih dari 90 negara tergabung dalam CMAS.


Sumber : Ariadno, Baroeno dkk. 2003. Buku Petunjuk STAR SCUBA Diver CMAS-Indonesia. Jakarta: Dewan Instruktur Selam Indonesia.



 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS