RSS

PERSYARATAN UNTUK MENJADI SEORANG PENYELAM


Oleh: Muhammad Idris
Menjadi seorang penyelam dapat dilakukan oleh siapapun  yang berusia minimal 15 tahun, memiliki kondisi tubuh yang sehat, dan layak medis untuk menyelam yang dinyatakan dengan melengkapi pernyataan Riwayat Penyakit serta surat keterangan dari dokter sebelum mengikuti kursus dan latihan penelaman.

Sebagai calon penyelam anda harus mampu memenuhi beberapa kemampuan dasar di air, antara lain:
1.      Berenang sejauh 200 meter nonstop
2.      Berenang sejauh 12 meter dibawah air (apnea)
3.      10 menit mengayuh dipermukaan air (water trapen), tanpa bantuan alat.

Sumber: http://www.antarafoto.com
Kemampuan diatas diperlukan sebagai dasar kelayakan fisik yang nantinya bermanfaat untuk adaptasi lebih lanjut terhadap keterampilan-keterampilan yang akan dilatih nantinya.
Seperti yang anda ketahui, menyelam merupakan aktifitas yang mengandung resiko. Anda perlu memahami kondisi-kondisi yang ada selama terlibat dalam aktifitas penyelaman, resiko apa saja yang mungkin terjadi dan bagaimana prosedur keamanan yang semestinya diikuti selama kursus dan pelatihan. Dengan memahami materi yang diberikan serta mengikuti instruksi secara utuh dari instruktur anda, maka hal ini akan meminimalkan resiko yang mungkin timbul dan memaksimalkan hasil akhir yang smestinya anda terima.

Sumber : Ariadno, Baroeno dkk. 2003. Buku Petunjuk STAR SCUBA Diver CMAS-Indonesia. Jakarta: Dewan Instruktur Selam Indonesia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS